FOKUS

Buat yang udah kelas XI SMP atau yang udah kelas XII SMA, sekarang-sekarang ini udah bukan saatnya lagi santai-santai. Kalau sepakbola ada musim pertandingan, buat siswa-siswi kayak kita ini ada musim ujian. Nah, itulah yang bakal (mau ngga mau) kita hadepin.
Menghadapi kenyataan itu, apakah kita sudah siap bertarung?
Hmm.. Mungkin uraian di bawah ini sedikit membantu :)


1. Niat
Niat itu awal dari setiap perbuatan. Niat yang baik, insyaAllah realisasinya juga positif. Maka dari itu, niatkan yang baik dan jelas. Misalnya buat muslim-muslimah ni, niatkan untuk ibadah karena Allah. Karena segala sesuatu jika karena Allah, insyaAllah diridhoi olehNya. Kalau udah gini, mau hasilnya baik atau kurang baik, kita ngga akan misuh-misuh :)

2. Tekad
Untuk mencapai sesuatu itu butuh tekad yang kuat yang muncul dari dalam diri sendiri. Percaya deh, kalau tekad kita udah bulet, siapa sih yang bakal mengganggu gugat kebulatan tekad kita itu? ;)

3. Target
Menurutku, percuma ni kalau kita mau melakukan sesuatu tanpa tujuan atau target yang jelas. Nah, karena fokus masalahnya ujian, jadi kita bahas target ujian aja. Target itu cukup bisa menimbulkan motivasi buat kita sendiri lho.. Misal ni yaa, kita punya target lulus UN dengan nilai rata-rata atau di atas KKM; terus ada temen kita yang targetnya nilai UN minimal 9. Bayangin! Kita yang targetnya biasa sama temen kita yang targetnya luar biasa, pastilah lebih semangat si temen kita itu buat meraih apa yang udah dia targetin. Itu dia guys, jangan cuma bikin target biasa. Buatlah target luar biasa! Dengan satu catatan: jangan terlalu tinggi, tapi yang sesuai sama kemampuan kita :)

4. Persiapan
Persiapan itu ada dua: Fisik dan Mental.
Fisik. Jauh-jauh hari sebelum ngadepin ujian, ada baiknya, hem bukan, sangat baik kalau kita jaga kondisi fisik kita. Makan yang teratur, jangan terlalu capek, minum multivitamin (kalau perlu). Kenapa? Jelaslah, biar kita ngga tepar waktu hari H ujian. Ya ngga? ;)
Mental. Ngga sekedar nyiapin fisik, tapi nyiapin mental juga perlu. Grogi waktu ngadepin soal ujian? Beuuuh.. Ngga jaman! Jangan sampe deh kita kayak gitu. Makanya, mental perlu dijaga supaya kita berani dan pede ngadepin soal ujian (plus pengawas juga haha). Caranya? Yaa jangan sampe mental kita tiba-tiba sakit atau terluka (cieeeh..). Banyak-banyak mendekatkan diri sama Allah oke juga tuh :)

5. FOKUS
Kenapa cuma satu ini yang aku bikin big and bold? Karena ini fokus masalah kita. Kenapa fokus? Karena menurut pengamatan saya (zzz..) banyak yang mengganggu pikiran kita, malah di saat-saat kritis menuju kursi pesakitan alias menuju medan perang alias menuju UN.
Nah, itulah yang mesti kita garisbawahi. Bagi yang punya masalah, pikiran berlebih, dimohon segera menyelesaikannya sekarang juga. Ngga lucu kalau waktu ujian, pikiran kita terbagi-bagi. Usahakan fokus pada ujian dan jangan sampe ada yang bikin pikiran kita kacau. Keep FOCUS guys! :D

6. Restu Orang Tua
Subhanallah.. Percaya deh, doa orangtua kita itu insyaAllah makbul. Jadi, kita sabar-sabarin aja nurutin permintaan mereka (harusnya sabar beneran..). Kita baik-baikin dulu ortu kita menjelang ujian gini (harusnya dibaikin beneran..). Kita jaga perasaan mereka. Kenapa? Soalnya, kalau udah gitu pasti ortu kita akan dengan sangat bersenanghati mendoakan kita. Mereka akan dengan senang hati meridhoi jalan kita. Inget, ridho Allah ada pada ridho orangtua :)

7. Doa
Last but not least, berdoa sama Allah itu penting. Biar gimanapun kerasnya usaha kita untuk mendapatkan yang terbaik, tetep Allah yang menentukan semua. Jadi, jangan lupa untuk selalu berdoa sama Allah :)


Naaaah itu tadi sedikit masukan buat kita semua biar kita siap menghadapi ujian yang sudah ada di depan mata. Semoga bermanfaat!


TETAP SEMANGAT! 
FIGHTING!

p.s. Boleh dikomen, boleh dikritik, boleh ditambahi :)

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Lain Istana Langit

[Review ala fitriasfari] K-Drama "Fight For My Way"