Belajar Manajemen Emosi

Ollo Readers!

Ada kalanya dalam hidup, kita merasakan yang namanya stres. Dan ketika kita terus-terusan terjebak di dalamnya, rasanya ingin lenyap dari bumi saat itu juga (lebay). Tapi memang itulah kata yang menurutku paling halus (bandingkan dengan "ingin mati saja").

Terus, kalau udah gitu, apa yang harus kita lakukan?

1. Berhenti sejenak dari aktivitas yang bikin kita stres
Misal, kita lagi belajar buat ujian esok hari. Kita berhenti di satu hal yang bikin kita muter-muter di situ doang tanpa ada hasilnya. Nah, daripada kita jadi suntuk terus ujung-ujungnya uring-uringan gara-gara stuck di situ, mending stop dulu deh. Ambil nafas sejenak, regangkan otot, senam wajah (kalau memungkinkan), yang jelas beranjak dulu lah dari tempat kita beraktivitas itu.

2. Lakukan hal lain yang bikin mood dan semangat kita balik lagi
Kita bisa social networking dulu misal. Atau blogging sekedar mencurahkan kesuntukan kita. Atau ngegambar buat yang suka gambar. Atau bisa olahraga kalo emang sukanya olahraga. Yah, intinya, lakukan apapun yang kita suka. Catatan: lakukan yang ringan-ringan aja.

3. Cuci muka
Ini sih sekedar biar kita fresh pas mulai beraktivitas lagi nantinya. Guyur sekepalanya juga nggak apa-apa biar otaknya seger juga :p

4. Waktu mulai beraktivitas lagi: niat lagi yang bener dan take it easy
Mungkin kesalahan kita adalah, niat kita bukan full buat beraktivitas tadi. Mungkin bercabang-cabang dan nggak fokus. Nah, pas kita mau mulai lagi aktivitas itu, akan lebih baik kalo kita niat lagi terus fokus sama pekerjaan kita itu. Tapi, fokus bukan berarti harus manteng ke pekerjaan kita itu. Yang dimaksud fokus disini yaitu: konsentrasi tapi tetap rileks. Bisa sambil denger musik misalnya biar nggak capek otak juga :)


Oke, mari bersama-sama memanajemen emosi kita :) *dalam kasus ini mengatur agar kita nggak stres*

TETAP SEMANGAT!
TAKE IT EASY, GUYS :D


*Catatan: dibuat di tengah-tengah kesuntukan belajar buat UTS ATK ;)

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Lain Istana Langit

Hai Indonesia, Selamat Tahun Baru 2013!