Budaya "Minta Maaf"

Budaya Indonesia banyak sekali ragamnya. Termasuk budaya meminta maaf.

Jadi, ini topik yang tiba-tiba muncul gara-gara saya chat dengan salah satu teman saya. Dengan baik saya minta maaf ke dia eh dianya cuma bilang: "kayak mau lebaran aja" -_-

Nah, biasanya handphone akan ramai dengan sms berisikan "mohon maaf lahir batin" menjelang beberapa hari tertentu. Oleh karena saya muslim, biasanya pada hari-hari raya Islam lah sms-sms tersebut bertebaran.

Menurut saya, meminta maaf adalah hal yang sangat baik. Saya bahkan bilang sama teman saya waktu chat: "kalau bisa tiap hari saya minta maaf" haha
Cuma kadang, meminta maaf tiap sebelum adanya momen tertentu, kadang sekedar menjadi budaya ikut-ikutan. Maksud saya disini, bukan benar-benar minta maaf supaya Allah swt kasih kelapangan untuk yang meminta maaf ketika dimaafkan oleh yang dimintai maaf (maaf ribet).

Ini sih yang perlu diwaspadai (termasuk diri saya sendiri).
Sebenarnya meminta maaf bukan hal yang mudah lho. Mungkin bagi sebagian orang. Butuh menekan ego dan terutama menyingkirkan gengsi untuk sekedar mengatakan: "maaf yaa" secara tulus.
Ketika kita mengetikkan "mohon maaf lahir batin dan seterusnya" kemudian mengirimkannya ke beberapa orang langsung, kadang kita jadi lupa makna minta maaf sesungguhnya.
PR buat kita adalah meluruskan niat supaya ucapan permohonan maaf kita benar-benar tulus datangnya dari hati.

Sekian.
Mohon maaf lahir batin atas kekurangan tulisan-tulisan yang pernah saya buat, semoga yang baik dapat diambil manfaatnya dan yang buruk mohon kritiknya :)
SELAMAT MENYAMBUT DAN MENUNAIKAN IBADAH RAMADHAN 1434 H :)
Semoga Allah swt senantiasa memberikan berkah untuk kita semua :)

Comments

Popular posts from this blog

Hidup Itu Lucu

Rahasia Lain Istana Langit

Aku Diam (ketika) Aku Diam (karena)